Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memilih Developer Properti dan Hunian yang Tepat

Developer properti dan hunian menjadi hal yang dicari oleh orang-orang yang ingin membeli atau membuat rumah impian di suatu lokasi tertentu. Developer perumahan atau hunian juga dirasa memiliki kompetensi yang dapat membantu klien untuk mendapatkan tempat tinggal yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan. Tak hanya itu, dengan hadirnya developer yang professional, kini anda bisa berkonsultasi langsung perihal semuanya yang menyangkut rumah impian.

            Banyaknya developer properti  yang ada terkadang cukup membuat bingung, manakan developer ynag benar-benar berkualitas dan dapat membantu masalah anda? Anda juga perlu dengan cermat dan teliti dalam memilih developer properti yang akan anda gunakan. Jika salah memilih, tentu akan hadir masalah yang cukup rumit melihat urusan rumah bukanlah harga murah.

            Bagi anda yang hendak memilih developer hunian, ada baiknya untuk menyimak beberapa tips untuk memilih developer properti dan hunian yang tepat dan cocok dengan anda..

Apa itu Developer Properti dan Hunian?

          Developer hunian dan properti adalah sebuah instansi perorangan atau perusahan yang membuat perumahan. Developer hunian tentu memiliki hak-hak dan kewajiban seputar properti dan hunian terkait seperti membuat dan mendirikan produk hunian, menjamin mutu proyek, serta bertanggung jawab atas keselamatan pekerjanya.

            Menggunakan jasa developer dalam membangun rumah impian sangat disarankan karena telah dilindungi oleh hukum. Jadi ketika ada hal-hal yang terjadi, pihak konsumen maupun developer bisa meminta perlindungan ke pihak yang berwenang.

Tips Memilih Developer Properti yang Tepat

            Membeli dan membangun rumah bersama developer tentu tidak bisa dilakukan sembarangan. Anda perlu dengan cermat memilih developer properti dan hunian agar tidak merugi dikemudian hari. Yuk simak beberapa tipsnya di bawah ini..

Utamakan Reputasi Developer

developer properti dan hunian
unsplash.com

Developer terpercaya menjadi kata kunci disini. Karena rumahnya belum jadi sementara Anda sudah harus membayar lunas (meskipun itu dengan kredit), jadi tidaknya tergantung pada developer. Dan juga, pengurusan sertifikat sangat tergantung pada pengembang. Pengembang yang tidak professional menyebabkan pengurusan surat dan sertifikat akan terhambat.

Salah satu untuk mngukur reputasi developer adalah dengan melihat kelengkapan izin developer seperti Ijin Peruntukkan Tanah, prasarana yang sudah tersedia, kondisi tanah matang, sertifikat tanah minimal SHGB dan HGB induk atas nama developer, dan IMB induk.

Pilih Developer yang Kerjasama KPR dengan Banyak Bank

developer properti dan hunian
unsplash.com

            Semakin banyak bank menyalurkan kredit ke perumahan tersebut, itu dapat dijadikan indikator bahwa pengembang itu kredibel. Sebelum melakukan kerja sama biasanya pihak bank memeriksa pengembang tersebut dalam hal kemampuan membangun rumah, cash flow perusahaan, dan komitmen dalam menyelesaikan sertifikat, dan lain sebagainya.

Developer Ada Rumah Contoh dan Kualitas Bangunan Terbukti

unsplash.com

          Ketika anda memutuskan untuk memilih developer properti tertentu, pastikan mereka memiliki rumah contoh yang sudah dibangun. Dengan memiliki rumah contoh, paling tidak anda sebagai pembeli bisa tahu sebagus apa kualitas dari rumah buatan developer tersebut. Jangan sampai asal memilih developer tanpa tahu porfolionya terbelih dahulu.

Riset dan Cari Informasi Tentang Developer Terkait

unsplash.com

            Ketika mengunjungi website developer, tentu anda akan menemukan hal-hal baik saja. Anda perlu melakukan riset dengan bertanya dengan orang lain atau mencari berita tentang developer yang akan anda pilih. Apakah developer ini aman dan bersih? Apakah developer properti dan hunian ini pernah terlibat skandal?

Nah, itulah beberapa tips untuk memilih developer yang cocok dan tepat. Sudah siap punya rumah idaman?

error: Content is protected !!