Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sistem Konstruksi Apartemen di Indonesia

Konstruksi merupakan sistem yang harus diperhatikan dalam membangun apartemen maupun properti lainnya. Sistem konstruksi ini sendiri adalah susunan bahan-bahan penyusun konstruksi yang lebih berfokus kepada teknik pembuatannya. Lebih jauhnya, sistem konstruksi apartemen harus memiliki beberapa syarat untuk memenuhi nilai kelayakannya. Beberapa diantaranya adalah kekuatan dan ketahanan, mampu memenuhi kebutuhan pengguna, memiliki nilai estetika, terjamin kebersihannya, dan ekonomis.

Pada umumnya, terdapat beberapa sistem konstruksi yang biasa diadopsi oleh sistem konstruksi apartemen di Indonesia adalah sebagai berikut.

  1. Sistem Konstruksi Modular

Sistem konstruksi modular merupakan salah satu sistem konstruksi yang sedang digiatkan oleh pelaku properti di Indonesia. Sistem konstruksi ini merupakan sistem konstruksi yang menggabungkan metode pembangunan dengan komponen fabrikasi. Konstruksi jenis ini sudah lama diterapkan di Jepang dan terbilang sebagai sistem konstruksi yang mampu mempercepat proses penyelesaian sebuah bangunan atau apartemen. Selain itu, sistem konstruksi modular bagi apartemen mampu menghemat biaya pembangunan sehingga harga apartemen yang dibangun menggunakan sistem ini dapat dibeli dengan harga yang lebih terjangkau.

  1. Green Construction

Sistem konstruksi apartemen Green Construction merupakan sistem pembangunan yang mengacu pada faktor kelestarian lingkungan. Menurut wikipedia, makna Green Construction sendiri adalah siklus pembangunan yang terdapat pada bangunan itu sendiri. Untuk tambahan informasi, sistem konstruksi apartemen Green Construction merupakan salah satu cara dalam menghemat energi yang diterapkan melalui energi yang dapat diperbaharui, memanfaatkan lingkungan alamiah, dan ramah lingkungan karena limbah pembangunan dapat di-recycle dan bersifat sangat toleransi terhadap lingkungan.

  1. Sistem Konstruksi Precast

Sistem konstruksi apartemen precast adalah sistem konstruksi apartemen yang menggunakan beton precast dalam pengerjaannya. Beton precast dinilai sebagai produk konstruksi terbaik dengan komposisi material semen, pasir, dan besi. Sistem konstruksi apartemen ini layaknya akan tersusun seperti lego, namun memiliki kekuatan dan tingkat ekonomis yang baik. Selain itu, sistem konstruksi apartemen dengan menggunakan sistem ini terbukti mampu bertahan lama meskipun tidak diterapkannya perawatan khusus dan menghemat waktu pengerjaan proyek karena dilakukan secara paralel tanpa berfokus pada keadaan proyek apartemen itu sendiri.

  1. Sistem Konstruksi Shear Wall

Sistem konstruksi apartemen yang sering diterapkan di Indonesia selanjutnya adalah sistem konstruksi apartemen Shear Wall atau dinding geser. Sistem konstruksi apartemen ini berfokus pada kekuatan apartemen nantinya dan sengaja dirancang agar kokoh terhadap guncangan. Dalam proses pengerjaannya, apartemen yang dibangun dengan sistem ini akan menerapkan tiga jenis Shear Wall yaitu Bearing Wall, Frame Wall, dan Core Wall. Setiap jenis tersebut akan berfungsi sebagai penyeimbang beban gravitasi, peredam getaran, dan memperkuat stuktur bagian lift.

  1. Sistem Konstruksi High Rise and Core

Sistem konstruksi apartemen jenis ini terdapat pada salah satu bangunan ternama di Malaysia yaitu Menara Petronas. Menara Kembar ini menggunakan sistem konstruksi High Rise and Core yang merupakan sistem konstruksi khusus bagi gedung-gedung tinggi atau pencakar langit. Sistem konstruksi apartemen High Rise and Core bersifat komersial dengan berbagai klasifikasi konstruksi lainnya seperti Neo Classic Style, Art Deco Style, Modern Style, High Modern Style, dan Contemporary Architecture.

  1. Sistem Konstruksi Outrigger Truss

Sistem konstruksi apartemen Outrigger Truss adalah jenis konstruksi tahan gempa lainnya yang efektif dalam mengontrol beban dengan kapasitas besar. Keunggulan sistem konstruksi ini terletak pada penggunaan rangka batang yang mampu menahan lebih dari empat puluh lantai.

Nah, itulah enam jenis sistem konstruksi aparteman di Indonesia. Dengan mengetahui sistem konstruksi tersebut, Anda dapat menjadikannya sebagai salah satu acuan dalam membeli apartemen.

Leave a Comment

error: Content is protected !!