Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips dan Cara Beli Rumah Aman tanpa Tersentuh Riba

Memiliki rumah adalah bagian dari impian banyak orang. Namun, membeli rumah yang aman harus menjadi perhatian utama bagi setiap orang. Aman di sini memiliki maksud mengenai aman secara agama. Terutama apabila kegiatan jual beli rumah tersebut dilakukan bagi seorang muslim. Tentunya, pertimbangan akan riba menjadi prioritas utama. Jangan sampai rumah yang akan ditempati nantinya mengandung unsur riba yang dapat merusak akhlak seorang muslim.

Lalu, apa saja langkah yang semestinya harus dilakukan? Demi mengusahakan membeli rumah tanpa tersentuh riba, terdapat beberapa hal yang mesti Anda pahami seperti tips dan cara. Untuk lebih jelasnya, simaklah tips dan cara beli rumah aman tanpa tersentuh riba berikut ini.

  1. Ketahui Segala Jenis Riba yang Melibatkan Jual Beli Rumah

Secara umum, terdapat dua kategori riba dalam sistem jual beli yaitu riba nasi’ah dan riba fadhl. Riba nasi’ah merupakan riba yang terjadi karena adanya penangguhan pada sistem pembelian. Sementara itu, riba fadhl mengandung makna pembelian dengan ukuran yang tidak seimbang antara barang dan nilai yang berlaku. Kedua riba tersebut sudah dilarang Allah dalam kitab suci Al-qur’an karena akan berdampak buruk bagi jiwa manusia.

  • Perdalam Pengetahuan Mengenai Sistem Jual Beli Syariah

Anda tidak perlu panik jika sistem perkreditan tidak diperbolehkan dalam Islam. Anda dapat menemukan solusi membeli rumah dengan sistem cicilan lainnya melalui sistem jual beli rumah syariah. Prosedur yang berlangsung juga tidak rumit dan hanya melibatkan beberapa pihak seperti developer dan notaris. Kehadiran notaris tersebut berfungsi sebagai saksi atas kesepakatan harga dan penetapan jangka waktu pelunasan rumah yang telah dibeli.

Terdapat tiga sistem syariah dalam pembelian rumah, diantaranya adalah Murabahah, Istishna, dan Ijarah Muntanhia Bittamilk. Murabahah merupakan sistem pembelian secara angsuran dengan ketetapan nilai yang jelas. Berbeda halnya dengan sistem beli rumah dengan cara Istishna yaitu dengan melakukan pemesanan terlebih dahulu. Sedangkan sistem Ijarah Muntanhia Bittamilk merupakan sistem cicil secara syari’ah dimana pembeli akan mendapatkan kepemilikan rumah yang dibeli apabila cicilan yang diberlakukan telah dilunasi sepenuhnya.

  • Tabungan Sebagai Solusi Membeli Rumah Secara Cash

Anda dapat menjatuhkan alternatif lainnya untuk membeli rumah dengan cara menabung. Beberapa jenis tabungan pun dapat digunakan untuk mendukung perencanaan Anda dalam memiliki rumah. Pada umumnya, terdapat dua jenis tabungan untuk membeli rumah yaitu tabungan dalam bentuk nominal dan tabungan emas. Kedua jenis tabungan tersebut dapat disesuaikan dengan kemampuan perekonomian Anda. Namun, perbedaanya adalah keuntungan menabung dengan menggunakan tabungan emas tidak akan mengurangi nilainya sampai kapanpun. Hal tersebut dikarenakan nilai emas tidak terpengaruh oleh inflasi sehingga nilainya akan selalu stabil bahkan mengalami peningkatan.

  • Perbanyak Link Untuk Menemukan Referensi Beli Rumah yang Tepat

Untuk memudahkan Anda dalam melakukan pembelian rumah bebas riba, Anda dapat memperluas dan menemukan link sebanyak-banyaknya. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan peluang pembelian rumah bebas riba dengan menjadi sales perumahan.

Agar terhindar dari transaksi beli rumah yang mengandung riba, Anda harus memahami seperti apa konsep beli rumah yang tepat. Pilihlah jenis transaksi seperti penerapan nilai syariah dalam kegiatan jual beli rumah tersebut.

Leave a Comment

error: Content is protected !!