Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips dan Cara yang Aman dalam Membeli Rumah Sitaan

Seperti yang diketahui bahwa rumah sitaan identik dengan sebuah ”kasus”. Kasus tersebut pada umumnya tidak terlepas dari kredit macet. Keadaan demikian mendeskripsikan bahwa seseorang gagal melunasi hutang pembayaran rumah pada bank. Namun, hal tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu peluang untuk memiliki rumah bagi Anda yang sedang menginginkannya. Akan tetapi, ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan.terkait status rumah tersebut. Beberapa hal diantaranya adalah:

  1. Lakukan Survei Pasar Mengenai Rumah Sitaan Tersebut

Untuk mendapatkan informasi terkait beli rumah sitaan, Anda dapat melakukan survei terlebih dahulu. Survei tersebut dapat dilakukan dengan menghubungi pihak bank, menemukannya di internet melalui situs terpercaya, dan lainnya. Setelah melakukan survei, Anda dapat mengikuti semua prosedur pembelian rumah sitaan selanjutnya.

  • Kantongi Harga Pasar Rumah Sitaan

Setelah melakukan survei, Anda dapat menemukan beragam harga rumah sitaan. Harga tersebut dapat disesuaikan dengan dana yang Anda miliki saat ini. Selain itu, Anda juga dapat menemukan beragam jenis rumah dari pilihan yang tersedia.

  • Ikuti Setiap Proses Lelang dengan Benar

Jika proses lelang tidak dapat diikuti secara lengkap, Anda dapat mengikuti lelang tersebut melalui situs Direktorat Jenderal Kekayaan Negara. Langkah-langkah yang harus dilakukan meliputi pengisian data melalui email. Setelah mengirimkan email, Anda akan mendapatkan verifikasi. Jangan lupa untuk menyertakan identitas diri seperti akun bank, kartu identitas berupa KTP, dan NPWP.

Ketika nama Anda sudah terdaftar sebagai peserta lelang, ikutilah proses lelang tersebut. Proses lelang juga dapat dilakukan secara offline maupun online.

  • Pastikan Harga yang Ditawarkan Sesuai dengan Dana yang Dimiliki

Poin ini dianggap sebagai poin terpenting dalam melakukan pembelian rumah sitaan. Sebelum mengikuti proses pelelangan, Anda harus memeriksa terlebih dahulu mengenai jumlah dana yang dimiliki. Hal tersebut akan mencegah kegagalan dalam pembelian rumah sitaan setelah terjadi penawaran.

  • Perhatikan Kondisi dan Kualitas Rumah Sitaan Tersebut

Rumah sitaan merupakan rumah yang telah dipakai oleh pemilik aslinya yang digunakan sebagai jaminan. Mengingat kondisi rumah sitaan ini sudah dipakai, pastikan Anda sudah memeriksa segala kondisi rumah seperti bangunan dan lainnya.

  • Jika Acc, Jangan Lupa Membayar Uang Jaminan

Uang jaminan diberlakukan untuk mengantisipasi segala kemungkinan buruk yang akan terjadi. Oleh karenanya, ketika Anda sudah mendapatkan Acc, langkah selanjutnya adalah mengirim uang jaminan. Namun, pastikan pengiriman dana dilakukan pada akun bank yang sebenarnya.

Pembayaran secara tunai juga dapat dilakukan apabila Anda mengikuti sistem lelang yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara. Pembayaran tersebut dapat dilakukan terhitung lima hari kerja.

  • Pastikan Transaksi Berlangsung Secara Jelas dan Diakui di Mata Hukum

Pastikan segala akta kepemilikan rumah sitaan tersebut berada dalam keadaan lengkap dan diakui secara hukum. Hal tersebut mencegah terjadinya pertikaian pada sewaktu-waktu.

Nah, itulah beberapa tips dan cara aman dan nyaman dalam membeli rumah sitaan. Mengingat harga miring yang ditawarkan, Anda harus memikirkan secara matang ketika memilih rumah tersebut. Pastikan bahwa harga murah tidak membawa Anda pada penyesalan di kemudian hari.

Leave a Comment

error: Content is protected !!